Desa Igirmranak Dikukuhkan Menjadi Kampung Keluarga Berencana

Peresmian Desa Igirmranak, Kecamatan Kejajar, menjadi Kampung Keluarga Berencana (KKB) di Kabupaten Wonosobo, pada Rabu (27/11/2019). (Foto Pemkab Wonosobo)

IGIRMRANAK, Kejajar – Desa Igirmranak, Desa di ketinggian punggung Gunung Prau, Kecamatan Kejajar, dikukuhkan secara resmi menjadi Kampung Keluarga Berencana (KKB) di Kabupaten Wonosobo, pada Rabu (27/11/2019). Desa tersebut kini menyandang predikat sebagai Kampung Keluarga Berencana “Pratandha Siaga Mulya”, KKB ke-36 di Kabupaten Wonosobo, setelah pencanangan pertama di Desa Pulosaren Kecamatan Kepil pada Maret 2016 silam.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA), Junaedi menyebut, sebagai KKB, Desa Igirmranak kini mesti mampu merubah mindset alias pola pikir warga masyarakatnya, terutama dalam hal meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.

Keberhasilan program KB, disebut Junaedi tidak hanya ditandai dengan banyaknya penggunaan alat kontrasepsi, melainkan lebih penting dari itu adalah terjadinya perubahan cara pandang, mental, pola sikap dan perilaku individu atau masyarakat sampai ke para peserta didik.

“Perubahan mindset itu harus dilakukan melalui proses pendidikan, baik melalui program sekolah maupun program luar sekolah atau program lain seperti KKB ini,” terangnya dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Tanggung Jawab Semua Pihak

Ia menambahkan, bahwa semua pihak memiliki tanggung jawab untuk keberhasilan pembentukan model Kampung KB, termasuk perangkat daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, didukung segenap mitra kerja terkait dan keterlibatan partisipasi aktif masyarakat.

Dengan adanya sinergi antar seluruh elemen tersebut, Junaedi meyakini sejumlah permasalahan yang menjadi sasaran program KKB, seperti permasalahan kesehatan, pendewasaan usia perkawinan, permasalahan pendidikan, permasalahan lingkungan, infrastruktur hingga permasalahan kependudukan maupun aspek pembangunan lainnya akan lebih cepat ditemukan solusinya.

“Demi keberhasilan program Kampung KB di Kabupaten Wonosobo, saya minta kepada Tim Pokjanal Kampung KB yang telah terbentuk di tingkat Desa, termasuk di Igirmranak ini bisa segera menginventarisasi, serta mengidentifikasi segala permasalahan di wilayah kampung KB, sesuai indikator yang telah ditetapkan,” pungkas Junaedi.

Add Comment