Kenalkan Potensi dan Keahlian Masyarakat Lewat Even Senang-senang se-Kecamatan

Para peserta yang mengikuti acara Senang-senang se-Kecamatan yang diselenggarakan pemerintah Kecamatan Kalikajar, di Lapangan Desa Kembaran, Minggu (24/11/19). (Foto: Pemkab Wonosobo)

KEMBARAN, Kalikajar – Melalui acara Senang-senang se-Kecamatan yang diselenggarakan pemerintah Kecamatan Kalikajar, di Lapangan Desa Kembaran, Minggu (24/11/19), Camat setempat berusaha memperkenalkan potensi dan keahlian kelompok masyarakat.

Camat Kalikajar, Bambang Triyono ketika ditemui di tengah acara menyebut even Senang-senang se-Kecamatan merupakan agenda yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dengan dimotori oleh Kepala Desa/Lurah dan Ketua TP PKK masing-masing.

“Tujuannya untuk memperkenalkan potensi dan keahlian kelompok masyarakat agar kelak lebih berdaya guna dan mampu bersaing di berbagai ajang kompetisi di lingkup lebih besar,” terang Bambang dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Sejumlah agenda lomba dan hiburan yang disajikan sepanjang even yang didukung penuh salah satu brand besar produk makanan instan skala nasional tersebut disambut dengan antuasias oleh warga dari 18 desa dan 1 Kelurahan se-Kalikajar.

Media Pengenalan Potensi Lokal

Bambang juga berharap seluruh pemangku kewenangan di Desa maupun Kelurahan, agar setiap desa juga memiliki even-even serupa untuk media pengenalan potensi lokal mereka kepada khalayak luas. Dengan semakin dikenalnya beragam potensi yang dimiliki Kecamatan Kalikajar, Bambang meyakini hal itu bakal berdampak positif terhadap perekonomian warga masyatakat, serta pada akhirnya menjadi media untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pada even tersebut, diselenggarakan sejumlah lomba seperti karaoke khusus lagu-lagu maestro campursari Didi Kempot, lomba senam Tree End, lomba memasak dengan bahan baku mie instan merk Sarimi, lomba mewarnai untuk siswa PAUD dan TK, hingga membuat kerajinan dengan bahan baku sampah plastik.

Seluruh lomba disebut Bambang tidak dipungut biaya alias gratis, dan bahkan pihaknya menyediakan bantuan akomodasi bagi peserta lomba memasak. Selain itu, warga masyarakat yang hadir juga disuguhi sejumlah hiburan seperti pentas Kuda Kepang (Emblek), dan kesenian tradisional tari topeng lengger pada malam minggu sebelumnya, dan banyak pula hadiah kejutan.

Dari beragam lomba yang digelar, pihak panitia juga langsung mengumumkan para pemenang sehingga sepulang dari acara, mereka yang juara bisa membawa trophy, uang pembinaan dan piagam pulang ke desa masing-masing.

Add Comment