SMK N 1 Wadaslintang Gagas Program “SMK Mbangun Desa”

SMK N 1 Wadaslintang melakukan MoU kerjasama dengan menggandeng jajaran Pemerintah Desa, untuk menjalankan program “SMK Mbangun Desa”. (Foto: Pemkab Wonosobo)

Wadaslintang – Untuk mengasah keterampilan siswa agar nantinya bakat yang dimiliki bisa disalurkan untuk kesejahteraan masyarakat, SMK N 1 Wadaslintang melaksanakan program “SMK Mbangun Desa”. Program yang digagas Marlock, selaku motivator dan direktur Forum Peduli Pendidikan dan Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia (FP3MKI) juga bertujuan untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi perkembangan revolusi industri.

Guna menjalankan program tersebut, SMK N 1 Wadaslintang meandatangani MoU kerja sama dengan menggandeng jajaran Pemerintah Desa maupun Kelurahan yang ada di Kecamatan Wadaslintang. Sementara untuk launching sudah dilakukan di gedung sekolah setempat, pada Kamis (21/11/2019).

Kepala SMK N 1 Wadaslintang Widiastuti mengungkapkan, dalam MoU kerja sama dengan desa/kelurahan tersebut, nantinya akan meliputi berbagai aspek dan bidang keterampilan siswa dan masyarakat.

“Di antaranya, produksi dan pemasaran produk kreatif tata busana, produk kreatif agribisnis perikanan air tawar, sekolah Adiwiya (Peduli dan Berbudaya Lingkungan) serta pemanfaatan IT di desa,” terang Widiastuti dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Program Disambut Baik

Program tersebut mendapat respon positif dari berbagai pihak. Terbukti dari hadirnya Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo, motivator pendidikan dari Kemendikbud RI Marlock, serta sejumlah unsur muspika dan kepala desa dalam launching tersebut.

Widiastuti juga menambahkan, pihaknya mengaku sangat bersyukur, karena semua stakeholder menyambut baik adanya program tersebut. “Kami SMKN 1 Wadaslintang bertekad bersama dengan anak-anak kami dan masyarakat ke depan akan lebih sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo berharap, program SMK Mbangun Desa nantinya bisa berjalan sesuai apa yang diinginkan, sehingga di masing-masing desa nantinya akan muncul kader-kader muda yang terampil, serta kreatif dalam upaya untuk mendorong kemajuan di desanya.

“Semoga peserta didik bersama pendidik secara bersama-sama dapat menyelenggarakan berbagai keterampilan dan kegiatan usaha ekonomi produktif untuk kesejahteraan masyarakat tanpa melalaikan kewajiban utama untuk belajar,” tandas Wabup.

Add Comment