Wujudkan Wonosobo Smart City, Admin PPID Belajar di Smart Room Sleman

Kunjungan admin PPID Kabupaten Wonosobo ke Ruang Pintar (Smart Room) milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, pada Kamis (28/11/19). (Foto Pemkab Wonosobo)

Wonosobo – Guna mengimplementasi sejumlah program dalam agenda mewujudkan Wonosobo Kota Cerdas (Smart City), tak kurang dari 30 petugas administrator PPID dari OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Wonosobo diajak mengunjungi Ruang Pintar (Smart Room) milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Kamis (28/11/19).

Kunjungan tersebut, menurut Kepala Dinas Kominfo, Eko Suryantoro adalah dalam rangka pembelajaran terkait tata kelola website, pelayanan aduan masyarakat, dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Eko mengungkapkan alasan dibalik dipilihnya Kabupaten Sleman sebagai tempat belajar. Ia menilai Kabupaten Sleman sudah selangkah lebih maju.

“Kabupaten Sleman kami nilai sudah selangkah lebih maju, sehingga layak untuk menjadi salah satu referensi kami belajar mengelola KIM maupun website resmi OPD,” terang Eko dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Dapat Diterapkan di Kabupaten Wonosobo

Eko juga mengakui secara umum Pemkab Sleman memang telah lebih awal memulai tahapan Smart City nya, sehingga fasilitas pendukung berupa sarana maupun prasarana pun sudah lebih memadai. Dalam hal pengelolaan Kelompok Informasi Masyarakat, Eko juga menyebut kontribusi penyebaran Informasi sebagai bagian dari implementasi transparansi publik sudah berjalan cukup baik.

“Harapan kami, nanti apa yang sudah dipelajari di Dinas Kominfo Sleman ini dapat diterapkan di Kabupaten Wonosobo, sehingga upaya untuk meningkatkan kontribusi admin PPID terhadap keterbukaan Informasi berjalan lebih cepat,” ujarnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Hapipi menambahkan, pentingnya kunjungan ke smart room Pemkab Sleman adalah juga terkait dengan pengelolaan aduan masyarakat. Tersedianya sejumlah kanal dalam upaya mengakomodasi aduan publik di Sleman diakui Hapipi layak dicontoh untuk diterapkan di Wonosobo.

“Bagaimana Dinas Kominfo menugaskan administrator untuk melayani aduan masyarakat hingga ke tahap koordinasi dan penyelesaian aduan cukup menarik dan kami nilai tidak terlalu sulit untuk bisa di implementasikan para admin PPID OPD di Wonosobo,” terangnya.

Add Comment