4 Desa Wonosobo Raih Penghargaan KIP Award 2019

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah memutuskan 4 Desa di Kabupaten Wonosobo berhak atas penghargaan KIP Award 2019. (Foto: Pemkab Wonosobo)

Wonosobo – Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah memutuskan 4 Desa di Kabupaten Wonosobo sebagai Badan Publik Informatif dan berhak atas penghargaan KIP Award 2019. Keempat desa tersebut, yaitu Desa Pucungwetan Kecamatan Sukoharjo, Desa Mlandi Kecamatan Garung, Desa Burat Kecamatan Kepil, dan Desa Gondang Kecamatan Watumalang dinyatakan sebagai peraih nilai tertinggi di antara 86 desa se-Jawa Tengah yang turut dalam penilaian oleh Tim KI Provinsi Jawa Tengah selama 10 Bulan terakhir.

Atas prestasi tersebut, keempat desa menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam gelar penganugerahan penghargaan Komisi Informasi Jawa Tengah, di Patra Convention Semarang, Kamis (19/12/19) malam.

Kepala Desa Pucungwetan, Wagini ketika ditemui seusai penerimaan penghargaan mengaku sangat bersyukur upaya dan kerja keras jajaran pemerintahan desa didukung Kecamatan Sukoharjo dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Kominfo dan bagian Pemerintahan Setda menuai hasil maksimal.

“Predikat sebagai badan publik desa Informatif ini menjadi bukti bahwa desa kami meskipun berada jauh dari pusat keramaian Kota mampu menampilkan transparansi dan akuntabilitas publik sesuai peraturan yang berlaku,” ungkap Wagini dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Menuai poin tertinggi, yaitu mencapai 92,77 dan mengungguli desa-desa lain di Jawa Tengah, diakui Wagini menjadi kebanggaan tersendiri meski tak serta merta menghentikan beragam inovasi yang lebih baik lagi ke depannya. Menjadi badan publik pemerintahan desa dengan tata kelola yang transparan dan akuntabel ditegaskan Wagini akan tetap dipertahankan Pucungwetan, demi memenuhi amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Wonosobo Kirimikan 10 Desa

Selain desa Pucungwetan yang berhasil meraih nilai tertinggi, penghargaan dari KI Provinsi juga diberikan kepada Desa Mlandi di peringkat kedua dengan nilai 92,37, Desa Burat di peringkat ketiga dengan nilai 92,13 dan Desa Gondang di peringkat keempat dengan nilai 91,64.

Kepala seksi Pelayanan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Priyo Cahyono menerangkan, dalam pemeringkatan keterbukaan informasi Publik kategori Badan Publik Desa oleh Komisi Informasi, Wonosobo mengirimkan 10 Desa.

“Dari 10 Desa tersebut, sebanyak 8 Desa masuk ke tahap akhir uji publik dan visitasi oleh KI Provinsi pada pertengahan November lalu,” jelasnya.

Hasil uji publik dan visitasi itulah yang menurut Priyo kemudian membuahkan nilai akhir, dimana kedelapan desa tersebut berhasil masuk dalam 17 Desa yang diundang menerima penghargaan. Selain keempat desa yang meraih nilai tertinggi dan berhak atas predikat informatif, lima desa lain juga mampu meraih predikat menuju informatif.

Keempat desa lain, disebut Priyo adalah Desa Kalierang Kecamatan Kalierang di peringkat kelima dengan nilai 89,71, kemudian Desa Krinjing Kecamatan Watumalang dengan nilai 88,63, Desa Igirmranak Kejajar, nilai 85,37 dan Desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro dengan nilai 82,61. Dalam kesempatan tersebut, Kabupaten Wonosobo dikatakan Priyo juga menerima penghargaan sebagai Badan Publik Kabupaten Menuju Informatif, dengan nilai akhir 83,02 dan mendapatkan predikat Menuju Informatif.

Add Comment