40 Kepala Desa Resmi Dilantik Bupati

Pelantiikkan 40 Kepala Desa (Kades) terpilih di Gedung Sasana Adipura Kencana, Senin (16/12/19) siang. (Foto: Pemkab Wonosobo)

Wonosobo Timur – Sebanyak 40 Kepala Desa (Kades) terpilih periode tahun 2019 – 2025, secara resmi dilantik oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo di Gedung Sasana Adipura Kencana, Senin (16/12/19) siang.

Diketahui pada 9 Oktober 2019 lalu telah dilaksanakan Pilkades untuk memilih Kepala Desa serentak gelombang ke tiga atau terakhir dengan jumlah 40 desa yang tersebar di 15 Kecamatan. Artinya sejumlah 236 Desa telah melaksanakan tahapan Pilkades serentak. Sebelumnya Pemkab juga telah menggelar dua kali Pilkades serentak, gelombang pertama pada tahun 2016 dengan jumlah peserta 30 Desa. Kemudian disusul pada tahun 2018 sebanyak 166 Desa.

Dalam sambutannya Bupati Wonosobo Eko Purnomo menegaskan, kepada Kepala Desa yang sudah terpilih, untuk benar-benar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dalam koridor aturan yang ada, amanah, dan penuh tanggung jawab.

“Saudara sekalian memikul tanggung jawab dan amanah yang tidak mudah dan tidak sederhana untuk memimpin desa selama 6 tahun ke depan”, tegas Bupati dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Pekerjaan Rumah Besar

Bupati juga menambahkan, saat ini Kabupaten Wonosobo masih punya pekerjaan rumah besar, yakni pengentasan kemiskinan. Jadi para kades terpilih membantu memprogramkan kegiatan-kegiatan rehabilitasi rumah warga miskin, jambanisasi dan pendampingan ibu hamil untuk mencegah stunting.

Terkait Anggaran Dana Desa (ADD), Bupati meminta agar para Kades terpilih dapat menggunakan ADD dengan baik sebagaimana mestinya, transparan, serta hindari korupsi. “Selain itu bermitralah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), untuk kemajuan dan pembangunan desa, serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Add Comment