Pemkab Wonosobo Gelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2019 di Kabupaten Wonosobo, yang dilaksanakan di Gedung Sasana Adipura Wonosobo, Selasa (3/12/2019). (Foto Pemkab Wonosobo)

Wonosobo – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2019 di Kabupaten Wonosobo mengangkat tema “Ability” (Kemampuan) serta mengusung tema Nasional “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Sasana Adipura Wonosobo, Selasa (3/12/2019).

Kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional diawali dengan acara pembacaan Puisi diiringi musik Angklung dari SLB C Budi Asih serta penampilan Pantomim dari Don Bosco Wonosobo. Kemudian pada kesempatan itu, Syaifur Rohman, Ketua Panitia HDI Kabupaten Wonosobo membuka kegiatan peringatan tersebut.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan Yusadar Armunanto Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, disebutkan peringatan ini sebagai momentum untuk menunjukkan kepada dunia kepada semua masyarakat luas bahwa penyandang disabilitas juga mampu hidup satara.

“Acara ini adalah hal yang luar biasa bagi kami, karena baru pertama kali mengikuti acara sebesar dan se-luar biasa ini. Momentum hari HDI ini kami berharap bahwa penyandang disabilitas itu setara dan mempunyai hak yang sama,” imbuh Yusandar dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Hak Penyandang Disabilitas Dijamin UU

Dilansir dari laman resmi Kementrian Sosial, di Indonesia sendiri, komitmen pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas terwujud dalam lahirnya UU 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Ada 24 hak penyandang disabilitas yang diatur.

Kemensos sendiri telah melakukan berbagai langkah seperti pemenuhan hak kesejahteraan sosial; pemenuhan hak literasi, informasi, dan komunikasi; pemenuhan hak aksesbilitas; serta pemenuhan hak di bidang olahraga.

Hal-hal tersebut diharapkan dapat memberdayakan penyandang disabilitas untuk pembangunan yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Add Comment