Ratusan Pelajar Ikuti Pembinaan Mental Bagi Milenial

Pembinaan mental yang diadakan bagi generasi muda milenial dan diprakarsai oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo. (Foto: Pemkab Wonosobo)

Mendolo – Ratusan pelajar mengikuti pembinaan mental bagi generasi muda milenial yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo. Tempat pelaksanakan di Gedung Haji, Mendolo, Rabu (26/2/20). Acara ini diikuti 177 orang, terdiri dari 118 siswa-siswi yang merupakan pengurus OSIS dan atau Rohis beserta 59 guru pendamping. Secara keseluruhan, peserta berasal dari 13 Madrasah Aliyah, 16 SMA, dan 30 SMK se-Kabupten Wonosobo.

Menurut keterangan ketua Baznas Wonosobo, Supomo Ibnu Syaid sebagai panitia penyelenggara, kegiatan ini merupakan program kerja dari Baznas. Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) Tahun 2019, Program Kerja Pendidikan. Selain itu hal tersebut sebagai kepedulian Baznas terhadap perkembangan  generasi milenial saat ini.

Kegiatan tersebut bertujuan mendidik agar menjadi generasi penerus bangsa yang tetap berpegang teguh pada UUD 1945 dan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara. Mencetak generasi muda berbudi pekerti luhur, dinamis, kreatif dan berketrampilan. Terbentuknya generasi muda yang seimbang antara pengetahuan umum dan agama. Serta terciptanya warga negara Indonesia yang berbudaya nasional modern, tanpa meninggalkan ciri-ciri kepribadian bangsa.

Dalam program kerja bidang pendidikan, Baznas juga telah melaksanakan berbagai kegiatan, yakni berupa bantuan biaya pendidikan kepada 80 siswa SD/MI, SMP/MTs, MA/SMA/SMK masing-masing lima ratus ribu rupiah. Selain itu juga bantuan kepada Guru PAI, Wiyata Bhakti sebanyak 35 orang.

Juga Mengadakan Pelatihan

Sementara dilansir dari laman resmi Pemkab Wonosobo, Baznas juga telah memberikan pembekalan dengan mengirimkan peserta untuk pelatihan di luar daerah. Diantaranya dua tukang cukur yang dikirim untuk pelatihan ke Solo, dua tukang batu pelatihan ke Brebes, lima belas orang pelatihan boga atau kuliner di Banjarnegara. Dan masing-masing mendapat sertifikat dan khusus boga memperoleh bantuan alat berupa oven. Selain itu ada bantuan modal bagi pedagang kecil serta bantuan bagi Imam dan marbot Masjid dan Mushola.

Bantuan kemanusian juga telah dilaksanakan, dengan memberikan bantuan kerpada korban bencana alam dan lain sebagainya. Pemberian sembako kepada buruh gendong dan panggul, kepada petugas kebersihan baik yang di jalan besar maupun yang bertugas di kampung-kampung, serta bantuan kepada kaum duafa. Serta ada bantuan perjalanan bagi pasien yang menjalani perawatan berkala di dalam maupun luar daerah, seperti pasien yang menjalani chemotherapy dan lain sebagainya.

Pembinaan mental kali ini menghadirkan empat nara sumber, Dandim 0707 Wonosobo  dengan materi Wawasan Kebangsaan, K. Abdul Mutolib dan K.H. Teguh Ridwan, menyampaikan materi  Akhlak, serta Drs. H. Soeparyo, M.Ag., memaparkan materi tentang Ibadah.

 

Add Comment