Camat Kalikajar Beri Sosialisasi Waspadai Covid-19

Camat Kalikajar, Bambang Triyono melakukan upaya deteksi dini dan sosialisasi kepada segenap unsur masyarakat. (Foto: Pemkab Wonosobo)

Kalikajar – Waspadai penyebaran virus Covid-19, Pemkab Wonosobo meminta camat di 15 Kecamatan di Kabupaten Wonosobo untuk aktif menyampaikan sosialisasi guna mewaspadai virus yang telah menjadi pandemi global tersebut. Di Kecamatan Kalikajar, Camat setempat Bambang Triyono juga mengaku telah melakukan upaya deteksi dini dan sosialisasi kepada segenap unsur masyarakat, sampai ke tingkat pondok pesantren yang berada di wilayahnya.

Bambang mengaku dalam beberapa hari terakhir ini, ia bersama jajaran forum pimpinan Kecamatan (Forkompinca) Kalikajar telah menggandeng sejumlah unsur lintas sektor untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mewaspadai Covid-19.

“Kami sesuai dengan arahan Bupati melalui surat edaran juga telah membentuk satuan tugas untuk bergerak memberikan sosialisasi ke semua lapisan masyarakat, serta mengawali deteksi dini dengan cek suhu tubuh menggunakan Gun thermal,” terangnya dalam laman resmi Pemkab Wonosobo.

Puskesmas Telah Bersiap

Puskesmas Kalikajar sebagai garda utama layanan kesehatan di wilayah disebut Bambang juga telah bersiap dengan sejumlah langkah.

“Per tanggal 18 Maret upaya pengamatan terhadap potensi resiko sudah dilakukan dan menemukan ada setidaknya 26 orang, namun 24 diantaranya tidak mengalami gejala,” bebernya.

Sementara 2 orang lainnya, menurut Bambang memiliki riwayat perjalanan dari Negara terjangkit 1 orang, dan dari wilayah terjangkit di Indonesia 1 orang. Terhadap kedua orang tersebut, pihak Puskesmas kemudian diperiksa oleh pihak Puskesmas, namun tidak sampai harus dirujuk ke Rumah Sakit.

“Kita semua berharap tidak sampai menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) apalagi sampai positif Covid-19,” tandasnya.

Puskesmas Kalikajar, menurut Bambang juga disiapkan apabila sewaktu-waktu ada unsur masyarakat yang berkegiatan dengan melibatkan banyak orang sehingga memerlukan deteksi suhu tubuh terlebih dahulu.

“Prinsipinya kami di Kecamatan Kalikajar saat ini waspada terhadap pandemi Covid-19 ini dan terus berupaya agar warga masyarakat juga turut berpartisipasi aktif dalam mencegah dari infeksi virus Corona,” pungkasnya.

Add Comment