Potensi Wisata Penganguman di Desa Tegalsari, Garung, Wonosobo

Pemandian air hangat alami (pengamoman) di Desa Tegalsari memiliki fasilitas dan layanan yang bagus, seperti loker baju dan lain sebagainya. (Foto: tri)

Tegalsari, Garung- Desa memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa ini. Banyaknya desa di Indonesia membuat potensi yang dimiliki juga beragam. Salah satunya Desa Tegalsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Desa ini merupakan desa pertanian, mengingat sebagian besar masyarakatnya merupakan petani. Tetapi, desa ini juga memiliki potensi wisata alami, yakni pemandian air panas (Penganguman).

Ada dua sumber mata air yang dimiliki Desa tegalsari, yakni pengamoman lor dan pengamoman kidul. Potensi ini dikelola langsung oleh BumDes Tirta Anugerah, dibawah koordinasi dengan pemerintah desa. Objek tersebut cocok untuk penelitian geologis mengenai sumber mata air panas di kawasan Pegunungan Dieng.

“Pemuda sangat berperan penting dalam kemajuan desa karena ide-ide dan kreatifitas pemuda lebih bisa di rasakan oleh masyarakat,” jelas Achmad Rifa’i, Kepala Desa Tegalsari.

Menurutnya, desa sangat berpotensi untuk mandiri karena memiliki sumber alam yg bisa di manfaatkan sebagai PAD desa.

“Air terjun dan pemandian air hangat juga lahan pertanian yang subur. Ini menjadi potensi bagi desa Tegalsari,” jelasnya.

Menurutnya, hal lain yang lebih penting dalam pembangunan desa ialah mengenal potensi desa itu sendiri. Tentu hal ini bisa dilakukan dengan adanya koordinasi dan kolaborasi banyak elemen, dari pemerintah desa, masyarakat, serta pemudanya.

Wisata Pemandian Air Hangat Desa Tegalsari

Bagi kalian yang sedang dan akan berkunjung ke Wonosobo, pemandian air hangat menawarkan sensasi tersendiri. Dinginnya suhu di Kabupaten Wonosobo membuat pemandian air hangat memanjakan wisatawan.

Pemandian air hangat alami (pengamuman) di Desa Tegalsari memiliki fasilitas dan layanan yang bagus. Misalnya kamar mandi, pemandian laki-laki, pemandian perempuan, loker baju, air dingin untuk bilas. Bahkan bagi wisatawan dari jauh yang membawa kendaraan, terdapat layanan parkir yang cukup luas.

Harga tiket masuk juga sangat ramah dengan kantong kita, hanya Rp. 2000 untuk dewasa atau Rp. 1000 untuk anak-anak. Jarak tempuh dari pusat kota hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Disamping itu, Desa Tegalsari merupakan pintu gerbang, bagi para wisatawan yang akan mengunjungi Kawasan Wisata Dieng Menggunakan Jalur Tracking.

Add Comment