KKN UNDIP Ajak Masyarakat Membuat Hand Sanitizer

Mahasiwa KKn Undip saat mengedukasi anak-anak SD, remaja hingga ibu-ibu yang ada di Kelurahan Mlipak cara membuat hand sanitizer menggunakan lidah buaya. (Foto: Undip)

Mlipak-Pandemi Covid-19 memang bukan hal yang bisa disepelekan, semua kegiatan terhambat termasuk program KKN yang sudah menjadi kewajiban mahasiswa semester akhir. KKN biasanya dilakukan offline secara berkelompok di suatu desa yang ditetapkan oleh Universitas. Namun, KKN kali ini berbeda.

Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan KKN secara daring dengan konsep KKN pulang kampung. Kegiatannya pun dilakukan secara mandiri di desa tempat Mahasiswa tinggal.

Jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Wonosobo masih terbilang cukup banyak dan melihat situasi masyarakat yang sulit diajak untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, mahasiswa UNDIP mengajak masyarakat Kelurahan Mlipak untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Program tersebut dinamakan DIY (Do It Yourself) Aloe Vera Hand Sanitizer. Program dilakuan secara door to door dengan mengedukasi anak-anak SD, remaja, hingga ibu-ibu yang ada di Kelurahan Mlipak cara membuat hand sanitizer menggunakan lidah buaya.

“Program ini merupakan sebuah kegiatan yang berfokus pada anak-anak kecil yang sedang melakukan study from home atau belajar dari rumah melalui daring dan bertempat tinggal di Kelurahan Mlipak, Kabupaten Wonosobo,” jelasnya.

Ia mengungkapkan program ini merangkul anak-anak kecil karena seperti yang diketahui bahwa anak-anak dihimbau untuk belajar dari rumah.

“Dengan mengedukasi anak-anak dalam praktek pembuatan hand sanitizer diharapkan mereka dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah dan mengajari anggota keluarga lainnya saat ada waktu luang,” katanya.

Berkeliling Rumah Warga

Salah satu mahasiswa KKN, Firliyana Desari mengungkapkan jika para mahasiswa KKN tidak hanya praktek membuat bersama anak kecil, mereka juga berkeliling ke rumah warga untuk mensosialisasikan program tersebut dengan membagikan handsanitizer yang sudah dibuat beserta flyer cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya.

“Harga hand sanitizer sekarang ini masih terbilang tinggi meskipun harga barang lain seperti masker sudah kembali normal, maka dari itu jika masyarakat bisa membuat sendiri di rumah akan menghemat biaya pengeluaran keluarga namun pencegahan penularan virus covid-19 tetap dapat dilaksanakan,” katanya.

Selain itu, mereka juga memasang poster di beberapa tempat seperti papan pengumuman Kelurahan Mlipak, papan pengumuman Alun-alun Wonosobo dan beberapa warung makan agar warga mengetahui informasi mengenai pembuatan aloe vera hand sanitizer.

Add Comment